ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X IPA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN IRASIONAL DI SMA MUHAMMADIYAH KOTA TERNATE TAHUN AJARAN 2018

Dosen Fakultas MIPA - Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Ruslan Raisouw Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Musni Djan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Analisis, kesulitan, siswa, pertidaksamaan irasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan Irasional. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kota Ternate tahun ajaran 2018. Metode pengumpulan data adalah peneliti sendiri sebagai instrument utama dan instrument bantuan berupa tes pertidaksamaan irasional dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan proses triangulasi yaitu menganalisa hasil tes setiap subyek dan melakukan wawancara untuk mengklarifikasi jawaban yang diberikan. Hasil yang benar kejelasanya pada proses triangulasi ini merupakan hasil yang valid, selanjutnya direduksi, disajikan, dan dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam meyelesaikan soal pertidaksamaan irasional adalah (1). Kesulitan memahami konsep yaitu kesulitan yang terjadi ketika siswa membuat kesalahan dalam memberi jawaban terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan konsep pertidaksamaan irasional. (2). Kesulitan memahami prinsip yaitu kesulitan yang terjadi ketika siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan definisi, maupun teorema, atau siswa megetahui definisi dan teorema namun masih salah dalam megaplikasikannya. (3). Kesulitan melakukan operasi aljabar yaitu kesulitan yang terjadi ketika siswa melakukan kesalahan dalam proses perhitungan aljabar

Published
2019-01-01