IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DI KOTA TERNATE

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Bakar Djibat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Manajemen, Pendidikan, Otonomi Daerah, Implementasi Kebijakan, SDM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kejelasan implementasi kebijakan pengembangan SDM pendidikan, fungsi kebijakan, arah kebijakan, karakteristik kebijakan, kebijakan otonomi pendidikan,  implementasi kebijakan pendidikan, dan Pengembangan SDM di kota Ternate dalam era globalisasi melalui pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan kegagalan implementasi kebijakan pengembangan SDM pendidikan di kota Ternate selama ini, yaitu: pertama, penyelenggaraan pendidikan menggunakan pendekatan “education production function” atau yang lebih dikenal dengan pendekatan input-output analysis yang tidak dilaksanakan secara konsekuen. Kedua, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan secara birokratik, sehingga menempatkan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan sangat tergantung pada keputusan birokrasi yang mempunyai jalur (mata rantai) yang sangat panjang dan kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kondisi sekolah. Ketiga, terbatasnya peran serta masyarakat, khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan.

Published
2020-01-14