An Aplication Forcasting of Water Consumption at PDAM Tirtamarta Using Exponential Smoothing based Thematic Map

Program Studi Teknik InformatikaUniversitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • M Santosa

Abstract

Permintaan konsumsi air pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Tirtamarta yang setiap saat bisa berubah-ubah tingkat volumenya,  maka diperlukan suatu alat bantu bagi PDAM dalam melakukan perencanaan produksi pada masa yang akan datang. forecasting diperlukan untuk membantu menentukan berapa besar permintaan yang akan terjadi, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk memenuhinya. Pada peramalan jarang ditemukan metode superior tunggal, untuk itu perlu diujicobakan beberapa metode forecasting yang sesuai yang diterapkan, sehingga dalam penelitian ini dipakai metode single exponential smoothing, double exponential smoothing dan triple exponential smoothing. Sistem informasi geografis merupakan tool yang dapat mengumpulkan, menyimpan, mengintegrasikan, mengolah, dan menganalisis objek-objek fenomena dimana lokasi geografis merupakan karakteristik yang penting sangat membantu dalam distribusi air. Pada kasus peramalan konsumsi air di PDAM Tirtamarta ini tidak ada metode yang signifikan paling baik, beberapa kecamatan mempunyai pola yang berbeda. Ada 3 metode yang menunjukkan paling tepat dalam peramalan konsumsi air yaitu single moving averages, double moving averages dan  single exponential smoothing. Sistem ini dapat memberikan informasi lokasi sumber air, reservoir, serta dapat digunakan untuk menghitung peramalan konsumsi air pada bulan yang akan datang berdasarkan wilayah  kecamatan yang terintegrasi dengan peta serta memberikan informasi visual dalam bentuk peta tematik  sehingga jumlah konsumsi air pelanggan suatu kecamatan bisa disajikan dalam bentuk visualisasi peta tematik. hal ini bisa mempermudah pihak manajemen dalam memahami informasi yang disampaikan. Output informasi dan hasil peramalan tersebut dapat digunakan sebagai informasi pendukung dalam perencanaan produksi oleh manajemen PDAM Tirtamarta.

References

Faisal, 2006, Implementasi Model Proses Inkremental dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web (Studi Kasus: Sistem Informasi Pertanahan di Kabupaten Kulon Progro), Tesis, Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2006. Fauzi, R., 2004, Pengantar Peramalan dalam Telekomunikasi, http://repository .usu.ac.id/bitstream/123456789/1422/1/elektro-rahmad%20fauzi4.pdf, diakses Maret 2010. Heizer, J., Render, B., Management Operation, Sevent Edition, Pearson Education.Inc., New Jersey, 2005 Makridakis, S., Wheelright, S.C., dan McGee, V.E., 1993, Metode dan Aplikasi Peramalan, edisi 2, jilid I, Alih Bahasa : Andriyanto, U.S., dan Basith, A., Erlangga, Jakarta. Prahasta, E., 2005, “Aplikasi Pemrograman MapInfo: Pengembangan Aplikasi SIG dengan Menggunakan Borland Delphi, Ms. Visual Basic & MapBasic”, Informatika, Bandung. Purnama, Y.,P., 2003, Analisis Pemiliha Metode Peramalan Kebutuhan Material Pada PT. El Nusa, Tesis, Program Studi Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rahayuningsih, S., K., 2006, Kartografi Sebagai Dasar Pembuatan Peta Tematik, Warta Oseanografi, volume XX, Nomor 1 Edisi Januari-Maret 2006, Subagyo. P., 1986. Forecasting Konsep dan Aplikasi, Edisi dua, BPFE, Yogyakarta. Sugiarto, Harijono., Peramalan Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.
Published
2017-10-23
How to Cite
SANTOSA, M. An Aplication Forcasting of Water Consumption at PDAM Tirtamarta Using Exponential Smoothing based Thematic Map. DINTEK, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 32-37, oct. 2017. ISSN 2598-8891. Available at: <http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/20>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles