IDENTIFIKASI SAMPAH DI KELURAHAN MAKASAR TIMUR MENGGUNAKAN ANALISIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) SEBAGAI ANCAMAN BENCANA DI KOTA TERNATE

Julhija Rasai1, Rahmat Abdul Fatah2 Dosen Teknik Pertambangan dan Dosen Sosiologi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Email.julhija_rasai@ummu.ac.id

  • Julhija Rasai * Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Rahmat Abdul Fatah ** Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Abstract

ABSTRAK


 


Persampahan di Kota Ternate menjadi masalah baru yang menjadi ancaman bencana khususnya di Kelurahan Makasar Timur, sampah menjadi perdebatan masyarakat yang dipersoalkan terkait tumpuan serta genangan sampah yang dimungkinkan berasal dari kelurahan yang berada dihulu atau berasal dari kelurahan target itu sendiri yaitu Kelurahan Makasar Timur. Kegiatan reklamasi pantai yang tidak efektif berdampak pada genangan air yang terakumulasi dengan sampah tersebar diberbagai sudut kelurahan target. Oleh sebabnya permasalahan penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi sumber utama penyebab sampa dan luas sebaran sampah di Kelurahan Makasar Timur, yang di analisis menggunakan Geographic Information System (GIS) dengan data citra google earth dan survey lapangan. Hasil penelitian teridentifikasi bahwa penyebab utama persampahan di Kelurahan Makasar Timur, dinyatakan bahwa bukan atau tidak berasal dari kelurahan dihulu atau kelurahan sekitar kelurahan target. Hal tersebut tentunya berdasarkan data jaringan drainase sebagai media pembawa sampah ternyata tidak berpotensi sampah dan terdapat satu sungai mati (barangka) yang membentang memotong Kelurahan Makasar Barat, beberapa meter dari kelurahan target                                                                                                                                                       masuk ke dalam sungai. Analisis Geographic Information System (GIS) mengidentifikasikan dua blok tumpuan serta genangan sampah yang tersebar dengan masing-masing luasan pada blok A, seluas 4.49 Ha dan blok B, seluas 1.28 Ha. Komposisi sampah didominasi plastik dan sisah makan yang dibuang tidak pada tempatnya akibat dari ketidak sadaran masyarakat yang menyebabkan persoalan utama di Kelurahan Makasar Timur.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Rengkung, Michael M. & Warouw, Fella. 2014. Analisis Sistem Persampahan Di Kota Ternate. Manado. Jurnal Sabua, Vol. 6, No. 3: 351 – 362. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Firmansyah. 2011. Identifikasi Tingkat Risiko Bencana Letusan Gunung Api Gamalama Di Kota Ternate. Bandung, Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, Vol.2 No.3. Teknik Planologi, Universitas Pasundan.
Sari, Putri Nilam. 2016. Analisis Pengolahan Sampah Padat Di Kec. Banuhampu Kab. Agam. Padang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, Vol. 10, No. 2. Universitas Andalas.
Nurhapni & Burhanudin, Hani. 2011. Kajian Pembangunan Sistem Drainase Berwawasan Lingkungan Di Kawasan Perumahan. Bandung. Jurnal perencanaan wilayah dan kota, Vol.11 No.1. Universitas islam bandung.
Prasetya, Supangkat Eka. 2008. Sistem Informasi Geografis Distribusi Sampah Untuk Menanggulangi Banjir. Purwokerto. Jurnal Probisnis, Vol. 1 No.1. STMIK Amikom Purwokerto.
Sadana, S.A. 2014. Perencanaan Kawasan Permukiman. Yogyakarta, Graha Ilmu.
UU Pengelolaan Sampah, Nomor. 18, Tahun 2008. Jakarta.
Published
2019-03-01
How to Cite
RASAI *, Julhija; FATAH **, Rahmat Abdul. IDENTIFIKASI SAMPAH DI KELURAHAN MAKASAR TIMUR MENGGUNAKAN ANALISIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) SEBAGAI ANCAMAN BENCANA DI KOTA TERNATE. DINTEK, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 11-18, mar. 2019. ISSN 2598-8891. Available at: <http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/176>. Date accessed: 21 oct. 2019.