OPTIMASI RECOVERY EMAS DAN PERAK DENGAN SIANIDASI PADA DEPOSIT BIJIH EMAS KADAR RENDAH DI PT. NUSA HALMAHERA MINERALS DAERAH GOSOWONG KABUPATEN HALMAHERA UTARA, PROVINSI MALUKU UTARA

Apriani Sarempa1, Ag. Isjudarto2 1Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional aprianyfanny@ymail.com 2Dosen Jurusan Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Is_darto@yahoo.com

  • Apriani Sarempa1 Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional
  • Ag. Isjudarto** Dosen Jurusan Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

Abstract

ABSTRAK


Pemodelan dan estimasi Sumberdaya nikel laterit bertujuan untuk mengetahui penyebaran sumberdaya yang ditampilkan dalam bentuk blok model serta mengetahui hasil estimasi nikel laterit yang akurat dan komersial dari suatu endapan. Hasil pemodelan dan estimasi sumberdaya memprsentasikan bentuk dan penyebaran dari endapan mineral sehingga memudahkan dalam melakukan penambangan serta dapat memperkirakan batas-batas penambangan berdasarkan hasil pemodelan dan estimasi sumberdaya. Data yang digunakan dalam pemodelan dan estimasi sumberdaya nikel laterit terdiri dari data bor hasil eksplorasi, koordinat bor, dan klasifikasi kadar eksplorasi. Metoda Pengolahan dan analisa data menggunakan pemodelan dan Metode estimasi sumberdaya nikel laterit menggunakan pendekatan metode Inverse Distance Weight (IDW) dan Ordinary kriging dengan ukuran grid terbesar 25 M³ dan model ukuran blok 25 M x 25 M tebal blok 3 M dan ukuran blok terkecil 12,5 M x 12, 5 M tebal block terkecil 1.5.  Hasil estimasi Sumberdaya Ni metode Inverse Distance Weight (IDW) dengan total tonase sebesar 1,221,090 ton kadar Ni 1.96, kadar Fe 15.91, dan Total hasil estimasi metode Ordinary kriging1,604,063 dengan kadar Ni 1.52 dan kadar Fe 20.01 ton. Berdasarkan hasil estimasi, dilakukan perbandingan kedua metode terhadap data bor eksplorasi (data Komposit kadar Ni). Dari grafik  hasil perbandingan terlihat pola grafik kadar kadar Ni yang lebih cenderung mengikuti pola grafik kadar data bor eksplorasi/ data komposit Ni adalah pola grafik data dari metode Ordinary kriging dibandingkan pada metode Inverse Distance Weight.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aji, M Winanto., Sukamto., Sudaryanto. (2001),” Pengolahan Bahan Galian”, Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta.
Aji, M Winanto., Sukamto., 1992,” Penelitian Kenaikan Kadar Emas Dan Perak Dalam Sand Tailing Hasil Proses Sianidasi”, Fakultas Tambang - UPN “Veteran” Yogyakarta.
Candra.,2011,” Pengaruh Konsentrasi Dan Kemurnian Serbuk Seng Pada Ekstraksi Emas Metoda Pengendapan Seng”, Jurusan Teknik Metalurgi Dan Material, Universitas Indonesia. Jakarta
Ciputra, F., 2010,” Pengaruh Penambahan H2O2 Pada Sianidasi Emas Dari Batuan Mineral”, Jurusan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh November.
Desita, Masorra., 2014,” Kajian Teknis Pengolahan Tailing Hasil Amalgamasi Emas Menggunakan Metode Sianidasi Di Desa Paningkaban, Kecamatan Gumelar Kabupaten Bayumas Jawa Tengah”, Fakultas Tambang - UPN “Veteran” Yogyakarta.
Dian, W., 2013,” Ekstraksi Emas Dari Batuan Menggunakan Metode Sianidasi Dan Amalgamasi Dengan Penambahan Ketela Pohon”, Jurusan Matemetika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember. Jember
John, L., 2013,” Toguraci Underground Mine Development”, PT. NHM. Gosowong.
Nurlaila, Hamid., Fitria., 2013,” Pengaruh Penambahan Vikosity Modifier Dan Hidrogen Peroksida (H2O2) Terhadap Recovery Emas dan Perak”, Fakultas Teknologi Industri – UMI, Makassar.
Proyek Emas Gosowong. 1999,” Deskripsi Komponen Pelindian”, Modul Pelatihan Deskripsi Komponen Pelindian, PT. NHM. Gosowong.
Robert,G., 2008,” Pengelolaan Sianida”, Attorney General’s Department, Canberra ACT 2600
Sudirman, dan Y. Emsal. 2011” Bahan Galian Logam Emas”, Makalah kelompok II, Bogor---
Sutoto., 2007,” Journal of Waste Management Technology”, Pusat Teknologi Limbah Radioaktif, Batan.
Sutarto, H., 2010,” Endapan Mineral”, Jurusan Teknik Geologi – FTM,UPN “Veteran” Yogyakarta.
Tahli.L., Rochani., Nuryadi. (2010),” Penelitian Pengolahan Emas Dengan Sianidasi Dan Ciladsorption Skala Pilotplant”, Laporan Akhir Tahun Anggaran, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Teknologi Mineral Dan Batubara “tekMIRA” Bandung.
________, 2010,”Pengaruh Aerasi Pada Sianidasi Emas Dari Batuan Mineral.”
________, 2011.” Bahan Galian Logam Emas”, Makalah.
________, 2013,”Ragam Pengolahan Emas”, http://www.lautan-emas.com
Published
2019-03-01
How to Cite
SAREMPA1, Apriani; ISJUDARTO**, Ag.. OPTIMASI RECOVERY EMAS DAN PERAK DENGAN SIANIDASI PADA DEPOSIT BIJIH EMAS KADAR RENDAH DI PT. NUSA HALMAHERA MINERALS DAERAH GOSOWONG KABUPATEN HALMAHERA UTARA, PROVINSI MALUKU UTARA. DINTEK, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-9, mar. 2019. ISSN 2598-8891. Available at: <http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/175>. Date accessed: 21 oct. 2019.