Pengaaruh Pemberian Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Buncis (Phaseolas vulgaris L) di Desa Ubung Dengan Program SPSS

  • Edy Said Ningkeula UNIversitas Iqra Buru
Keywords: Pupuk, pertumbuhan, produksi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Penelitian praktikum menggunakan lahan di desa Ubung Kecamatan Lilialy Kabupaten Buru. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L), akibat pemberian pupuk limbah kayu putih dan sistim olah tanah pada lahan kering di desa Ubung. Kegunaan Penelitian ini adalah dapat berguna sebagai basis data pertanian dan sebagai informasi bagi petani, peneliti lain, pihak-pihak yang berkepentingan serta pengembangan lebih lanjut dari produksi tanaman Buncis. Hasil dari penelitian ini, yaitu, 1) Kombinasi perlakuan dosis pupuk bokashi limbah kayu putih dengan dosis 15 ton.ha-1 dan sistim olah tanah sempurna berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman buncis 2) Sedangkan perlakuan dosis pupuk 30 ton.ha-1 dan sistim olah tanah sempurna berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan generative tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L.) pada lahan di desa Ubung. 3) Pemupukan yang dilakukan untuk tanaman buncis, seharusnya memperhatikan kelestarian lingkungan dengan program 4t, tepat waktu, tepat dosis, tepat lokasi dan tepat aplikasinya.

References

Badan Pusat Statistik, 2014-2015. Propinsi Maluku Dalam Angka 2014-2015. Badan Pusat Statistik Propinsi Maluku. Ambon Maluku.

Badan Pusat Statistik, 2017. Konsumsi Buah Dan Sayur, Susenas Maret 2016. Dalam Rangka Hari Gizi Nasional, 25 Januari 2017. Jakarta.
Ernawati, Elvi Rusmiyanto P. W, Mukarlina. 2018. Respon Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Dengan Pemberian Kompos Limbah Kulit Pisang Nipah. Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Hardjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah. PT. Mediyatama Sarana Perkasa. Jakarta.

Julia, 2014, Pengaruh Kompos Kulit Lidah Buaya Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Buncis Pada Tanah Podsolik Merah Kuning, Skripsi, Universitias Tanjungpura, Pontianak
Marzuki, 2007. Bertanam kacang tanah. Penebar Swadaya. Depok.
Pitojo S. 2004. Benih Buncis. Penerbit Kanisius. [PPVT] Pusat Perlindungan Varietas Tanaman. 2007. Panduan Pengujian Individual Kebaruan, Keunikan, Keseragaman dan Kestabilan. PVT/PPI/20/1.Yogyakarta

Sarsini H., 2008. Pengaruh Pengolahan Tanah DanPupuk N Serta Pupuk Kandang TerhadapSerapan Ca, S Dan Kualitas Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Pada Alfisols. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Tanoto, 2015. Evaluasi Produksi Dan Kualitas Hasil Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Pad Dua Sistem Tanam Di Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Skripsi Departemen Agronomi Dan Hotikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Published
2020-01-24
Section
Articles